Text Property CSS Line Hight dan Text Align


Pada postingan yang lalu kita sudah membahas Font style dan Text Layout CSS Property unuk kelanjutannya sekarang kita akan membahas Text Property CSS line-height dan text-align.

Lineheights

Properti line-height digunakan untuk mengatur tinggi setiap baris teks. Properti ini tidak hanya dapat mengambil satuan panjang dan ukuran terbanyak, tetapi juga dapat mengambil  nilai tanpa satuan, yang bertindak sebagai pengganda dan umumnya dianggap sebagai opsi terbaik. 

Dengan nilai tanpa unit, ukuran font akan dikalikan dan menghasilkan ketinggian suatu baris. Teks akan terlihat lebih bagus dan lebih mudah dibaca ketika garis diberi jarak. Tinggi baris yang disarankan adalah sekitar 1,5 – 2 (spasi ganda). Untuk mengatur baris teks paragrap / tinggi font, bisa dengan CSS seperti berikut:

p {
  line-height: 1.6;
}

text alignment

Properti text-align digunakan untuk mengontrol bagaimana teks disejajarkan di dalam kotak isinya. Nilai yang tersedia tercantum di bawah ini :

text-align : left;
text-align : right;
text-align : center;
text-align : justify;

left : teks dengan perataan kiri.
right : teks dengan perataan Kanan.
center : teks berpusat di tengah / center.
justify : Membuat teks menyebar, memvariasikan celah di antara kata-kata sehingga semua baris teks memiliki lebar yang sama.

Contoh penerapan CSS sebagai berikut;

p {
line-height: 1.6;
text-align : left;
}

Disini kita harus lebih bisa memilih penggunaan align teks ini, karena jika tidak tepat maka tampilan dari pragraf akan terlihat kurang bagus, terutama bila diterapkan pada paragraf dengan banyak kata panjang di dalamnya.

Subscribe

Youtube

Join with

Shutterstock

Donate with

PayPal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar